Selasa, 08 Desember 2009

ASKHABUL KAFIH

Askhabul Kafih


Aku dan ahmad pergi kerumah kakek , tujuan kerumah kake adalah ingin mendengar cerita dari kake tentang ashabul khafi. cerita tentang tujuhn anak muda dan satu ekor anjing yang tertidur di gua selama 300 tahun lamanya.

Aku bar jalan ke rumah ahmad sesampainya dirumah ahmad,”(kuberteriak) aslamualaikum antum-antummaen yuks?”jawab ahmad “wa’alaikum salam maen ke mana gak?”sahutku”kerumah kakek katanya kakek pengen cerita sesuatu””ah yang benar antum?””iya nanti antum ke sana ja?””ana izin dulu dengan ibuku ga””oke aku tunggu ya”

Sambil berlari ahmad pergi ketempat ibunya yang sedang memasak”ibu ahmad pergi ke rumah kake ya bersama arga?”jawab ibunya ahmad”ya sudah tapi jangan lama-lama ya nanti ayahmu pulang mad””iya bu asalamualaikum””wa’alaikum salam’

Aku dan ahmad pergi kerumah kakek ternyata sesampainya dirumah kakek kakek sudah siap mengambil al-qur’an karena cerita itu ada di dalam al-qur’an,”asalamualaikum”jawabkakek”wa’alaikum salam””walaikumusalam, arga ahmad silahkan masuk.”

Kakek pengen cerita tentang ashabul khafi cerita tentang anak muda yang tinggsl di dalam gua selama 300 tahun lamanya da seua itu tertulis di dalam al-qur’an pada surat khafi ayat 22,24,25,26.

Cerita dari nrakyat pada ratusan tahun yang lalu ini tertulis jelas dalam al-qur’an ini pada surat al khafi “ nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya , dan (yang lain) mengatakan:(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjingnya , sebagai terkaan terhadap barang yang gaib: dan (yang lain lagi) mengatakan: (jumlah mereka) tujnuh orang, yang kedelapan adalah anjingnya. Katakanlah:rabbku lebih mengetahui jumlah mereka: tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit karena itu kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka(pemuda-pemuda itu) kepad seorangpun di antara mereka.kecuali (dengan menyebut): insya allah. Dan ingatlah kepada rabbmu jika kamu lupa dan katakanlah: mudah-mudahan rabbku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini.dan mereka tinggal dalam guamerreka tiga ratus tahun dan di tambah sembilan tahun (lagi).katakanlah: Allah lebih mengetahui berapa lamanya mereka tinggal (di gua ;kepunyaannya-lah semua yang tersmbunyi di langit dan di bum. Alangkah terang penglihatan-nya dan alanfgkah tajam pendengaran-nya ;tak ada seorang pelindungpun bagi mereka selain dari pada-nya; dan dia tidak mengsmbil seorangpun menjadi sekutu-nya dalam menetapkan keputusan. (QS. 18:22,24,25,&26)”

Dari situ di ceritakan pada waktu itu ada raja yang kejam dari romawi barat yang memaksa penduduknya supaya semua menyambah berhala, namun pada masa itu umat muslim belum ada atau nabi Muhammad belum di utus kedunia oleh Allah.da tujuh pemuda yang bersembunyi di dalam gua supaya tidak di bunuh oleh raja yang kejam itu karena pemuda itu ingin beribadah kepada allah bukan berghala.

Setelah berhasil bersembunyiia langsung beribadah kepada allah selama sembilan tahun lamanya. Lalu mereka kelelahan dan tertidur selama 300 tahun lamanya.

“oh jadi begitu ya ke!””iya ga,ashabul khafi ini sangat penting””untuk kalian pahami.””aduh sudah zan magrib sudah ya ke ahmad wa arga pulang dulu sukron yak e atas ceritanya!””afwan ahmad”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar